Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengakses Ip Dynamic Mikrotik Dari Jaringan Berbeda

Mengakses Ip Dynamic Mikrotik Dari Jaringan Berbeda
Tutorial Mikrotik

Mengakses Ip Dynamic Mikrotik Dari Jaringan Berbeda - Untuk tutorial kali ini saya akan jelaskan singkat kadang kita sebagai admin jaringan adakalnya melakukan pengaturan mikrotik tidak selalu di tempat kadang posisi kita jauh dari dimana tempat mikrtoik di tempatkan, Nah apakah kita bisa mengakses mikrotik dari luar jaringan dan jawabanya tentusaja bisa.!!

Jangan lupa baja juga : Cara Blok Internet Pada Mikrotik Berdasarkan Ip Address

Dalam hal ini jika kita pengguna internet dengan akses ip publik mungkin tidak bungung lagi tinggal ketikan ip publik kita ke winbox bisa langsung terkoneksi, Nah bagaimana jika kita pengguna ip dinamik dikarenakan biaya untuk sewa ip publik saat ini semakin mahal tapi jika kita menggunakan ip dynamic untuk biaya tidak semahal ip publik.

Tapi selamat jika jaringan anda menggunakan mikrotik RouterOS mulai versi 6.14 kerisauan antara ip publik dan ip dinamik sudah teratasi dengan hadirnya fitur IP CLOUND apakah fitur Ip clound itu, Ip Cloud adalah Fitur atau layanan yang cara kerjanya hampir sama dengan service DDNS (Dynamic DNS) yang banyak tersedia di Internet saat ini.
Dengan fitur ini bekerja sebagai DDNS yang disediakan oleh pihak MikroTik.com. Dan ketika IP berubah, maka secara otomatis router akan melakukan pembaruan data ke MikroTik.com sehingga service router tetap bisa diakses dengan alamat DNS yang telah diberikan sebelumnya.

Dan sebelumnya kita menggunakan service DDNS dari pihak ketiga akan tetapi kita membutuhkan script yang bisa dibilang rumit agar router bisa  melakukan pembaruan ip ke penyedia DDNS pihak ketiga, Tapi untuk RouterOS mulai versi 6.14 sudah tidak rumit lagi dengan hadirnya fitur IP CLOUND dan bagaimana cara mengaktifkan fitur ini mudah kok sobat tinggal buka winbok lalu masuk ke menu

IP --> Cloud, kemudian centang "Enabled" dan selesai.
Mengakses Ip Dynamic Mikrotik Dari Jaringan Berbeda
Ip Cloud Mikrotik
Nah gampang kan..? Sekarang Anda tinggal mencatat DNS Name dan di simpan ke media yang bisa di bawa-bawa yang dimana nantinya jika Anda ingin mengakses konfigurasi mikrotik dari jarak jauh Anda bisa mempergunakanya.

Sekian dulu ya sobat semoga bermanfaat, Jangan lupa komenternya jika bermanfaaat untuk Anda sekalian, Salam Blogger wasalam :)


Posting Komentar untuk "Mengakses Ip Dynamic Mikrotik Dari Jaringan Berbeda"