Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keamanan Dalam Penggunaan Internet Sehat

Keamanan Dalam Penggunaan Internet Sehat
Keamanan Dalam Penggunaan Internet Sehat
Keamanan Dalam Penggunaan Internet Sehat -  Kemajuan jaman memang terus meningkat pesat yang di iringi dengan kemajuan teknologinya dimana beragam teknologi terus di kembangkan oleh pengelola usaha dalam bidang teknologi, dalam hal contoh kecil adalah smartfone, saat ini semakin canggih denganberagam fitur yang diterapkan dari molaih aplikasi game, media sosial dan tah kalah penting adalah dukungan bisa mengakses internet, internet bisa menjadi sumber yang bagus untuk anak-anak. Mereka dapat menggunakannya untuk meneliti laporan sekolah, berkomunikasi dengan guru dan anak-anak lain, dan bermain game interaktif. Anak-anak yang cukup umur untuk menggesek layar bisa memiliki akses ke dunia tanpa di batasi perijinan layaknya berkunjung ke suatu negara.

Baca Juga Penjelasan singkat tentang sejarah internet 

Akan tetapi bisa juga akses internet menimbulkan bahaya untuk Anak-anak maupun seseorang yang tidak memahami akan hal kesalahan yang berdasarkan ketidaktahuan. Sebagai contoh, seorang anak berusia 8+ tahun mungkin melakukan pencarian online dengan kata kunci "Lego."akan tetapi dengan hanya satu kata dalam pengetikan yang tidak masuk akal, kata "Kaki" dimasukkan sebagai gantinya, dan anak tersebut mungkin diarahkan ke situs web dengan fokus pada kaki - beberapa di antaranya mungkin berisi materi pornografi.

Itulah mengapa penting untuk mengetahui apa yang anak-anak Anda lihat dan dengar di Internet, siapa yang mereka temui, dan apa yang mereka bagikan tentang diri mereka secara online.
Seperti halnya masalah keamanan lainnya, sebaiknya Anda berbicara dengan anak-anak Anda tentang masalah Anda, memanfaatkan sumber daya untuk melindunginya, dan tetap memperhatikan aktivitas mereka adalah jalan yang tepat untuh anak-anak Anda.

Tips penggunaan internet secara aman untuk Anda

I.  Jangan memberikan informasi pribadi
Jangan pernah Anda memberikan informasi pribadi yang berkaitan dengan keluarga tman dekat, saudara, teman ataupun diri Anda seperti nama lengkap, alamat, telepon atau nomor ponsel atau data orang tua Anda. Informasi lain seperti nama dan lokasi sekolah atau rincian kegiatan sekolah Anda juga dapat mengidentifikasi Anda kepada orang lain. Terkadang ada orang yang memperhatikan informasi semacam itu, dan mereka dapat mengumpulkan gambaran aktivitas Anda dalam jangka waktu tertentu yang bisa di analisis dalam beberapa minggu. Jadi hati-hati dengan apa yang Anda katakan, dan jangan pernah memberikan rincian data pribadi Anda.

II. Sadarilah saat menentukan pengguna dalam sebuah akun
Dalam hal ini Anda lebih baik tidak memilih nama yang mengandung unsur provokatif karena Anda kemungkinan besar Anda akan mendapat sebuah pesan provokatif atau dilecehkan secara online oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

III. Kenali seseorang dalam penggunaan internet
Disaat Anda mendapat kenalan baru dan dirasa sudah akrab akan tetapi lebih baik bagi Anda jangan pernah setuju untuk bertemu seseorang yang pernah Anda temui melalui Internet, dalam kehidupan nyata tanpa izin orang tua Anda, dan jika mereka setuju, tidak pernah pergi sendiri, tapi pergi dengan orang dewasa yang tepercaya.

IV. Pahami di saat Anda akan melalukan pengisian data secara online
Pahami terlebih dahulu dan mencari informasi seakurat mungkin tentang situs web dimana Anda mendaftarkan diri dan yang pasti sudah terpercaya, terkadang Ada situs web yang mencari informasi pribadi dan yang menggunakan informasi ini untuk pemasaran atau tujuan komersial lainnya. Selalu periksa pernyataan privasi sebuah situs web. Yang menjelaskan akan digunakan untuk apa data diri Anda, dan meraka menjami ke prifasian data diri Anda.

V. Indikasi pesan pada kontak masuk email anda
Jangan pernaah membuka pesan email yang mencurigakan menurut Anda, dan terlihat janggal bisa juga terjadi kesalahan saat Anda membuka pesan email dan di arahkan ke laman maupun link tertentu

karena Anda dapat mendownload virus (yang bahkan berasal dari orang yang Anda kenal), atau mungkin ada konten yang bisa membuat Anda kesal. Banyak email berantai atau email dengan peringatan virus adalah tipuan. Sebelum Anda meneruskan peringatan virus ke teman dan keluarga Anda, periksalah bahwa itu bukan tipuan.

VI. Penggunaan internet dengan bijak
Jangan pernah menanggapi pesan provokatif, kasar, cabul atau mengancam (baik di chat, newsgroup atau papan pesan) yang membuat Anda merasa tidak nyaman. Beri tahu orang tua atau guru Anda tentang pesan semacam itu dan jika mungkin, simpan salinan pesannya sehingga orang tua atau guru Anda dapat meneruskannya ke Penyedia Layanan Internet Anda, atau gunakan untuk membuat laporan polisi.

Selalu menilai informasi yang Anda baca di situs web. Karena di internet tidak berarti informasi selalu jujur, terutama bila menyangkut masalah kesehatan, atau saat Anda melakukan penelitian untuk pekerjaan rumah. Periksa bahwa situs web yang Anda dapatkan dari informasi Anda adalah yang terpercaya dan memiliki reputasi baik, bukan yang dibangun di atas kabar angin. Klik di sini untuk mengetahui bagaimana menilai email atau konten situs web .

Saat berlangganan buletin atau program publik seperti plugin media atau unduhan yang mengharuskan Anda memberikan alamat email, gunakan alamat email terpisah dari akun pribadi Anda. Ini akan mengurangi jumlah email yang tidak diinginkan yang Anda terima.

Bertanggung jawab dan etis saat menggunakan internet baik di rumah atau di pusat online publik atau cyber café, karena misalnya tidak menjiplak informasi dari Net, menggunakan peralatan komputer secara bertanggung jawab, tidak merugikan orang lain melalui aktivitas online Anda.



Hukum Penggunaan Internet

Undang-undang federal, Undang-Undang Perlindungan Privasi Online Anak-Anak (COPPA), dibuat untuk membantu melindungi anak-anak di bawah usia 13 tahun saat terlibat dalam aktivitas online. Ini dirancang agar orang tidak mendapatkan informasi pribadi seorang anak tanpa orang tua mengetahui tentang hal itu dan menyetujuinya terlebih dahulu.

COPPA mewajibkan situs web untuk menjelaskan kebijakan privasi mereka di situs dan mendapatkan izin orang tua sebelum mengumpulkan atau menggunakan informasi pribadi anak, seperti nama, alamat, nomor telepon, atau nomor Jaminan Sosial. Undang-undang tersebut juga melarang sebuah situs meminta anak untuk memberikan informasi yang lebih pribadi daripada yang diperlukan untuk bermain game atau berpartisipasi dalam sebuah kontes.

Tetapi bahkan dengan undang-undang ini, perlindungan online terbaik anak-anak Anda adalah Anda. Dengan berbicara kepada mereka tentang potensi bahaya online dan memantau penggunaan komputer mereka, Anda akan membantu mereka menjelajahi Internet dengan aman. itulah beberapa pentingya Anda dan semoga dengan informasi dan tips ini bisa di jadikan pengetahuan untuk Anda dan keluarga Anda semoga dapat bermanfaat bagi generasi-generasi muda dalam menyikapi dunia internet yang luas dan tanpa batas akhir kata saya undur diri "Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh"





Posting Komentar untuk "Keamanan Dalam Penggunaan Internet Sehat"